Hal-Hal Kecil Yang Berpengaruh Dalam Desain Blog

Hal-Hal Kecil Yang Berpengaruh Dalam Desain Blog

Hal-Hal Kecil Yang Berpengaruh Dalam Desain Blog – Desain blog yang sederhana akan membuat pembaca biasanya lebih terfokus kepada konten blog tersebut ketimbang dari tampilannya. Desain sederhana bukan berarti tidak mementingkan estetika dalam rancangan blog, namun desain sederhana biasanya memberikan kesan agar isi blog dapat diakses dengan mudah serta tidak menarik perhatian pembaca secara berlebihan terhadap desain yang dibuat di blog.

Desain-desain yang berlebihan justru kadang membuat pembaca merasa terganggu, atau bahkan tidak mendapatkan esensi dari blog yang dibuat. Oleh karena itu ada beberapa hal yang perlu dihindari ketika mendesain sebuah blog. Mungkin hal tersebut adalah hal dasar, namun akan sangat berpengaruh kepada kenyamanan membaca dari pengunjung blog.

Hal pertama yang patut digaris bawahi adalah memaksimalkan jenis font yang digunakan. Bayangkan jika font yang digunakan dalam blog sangatlah banyak. Tentu hal tersebut akan membuat ketidaknyamanan bagi para pembacanya. Font yang terlalu banyak akan membuat center of attention dari pembaca beralih dari konten menuju ke font yang terlalu beragam.

Sebisa mungkin, jangan menggunakan jenis font lebih dari 2 atau 3. Kalaupun menggunakan font yang berbeda, pastikan yang menjadi titik-titik penting saja seperti judul, sub judul, atau kata-kata yang mungkin dianggap penting agar bisa dinotice oleh pembaca. Jika kebanyakan font, blog yang Anda buat hanya akan terlihat amburadul, serta seakan kekanak-kanakan serta tidak profesional.

Hal-Hal Kecil Yang Berpengaruh Dalam Desain Blog

Hal kedua yang harus diperhatikan adalah masalah warna. Pastikan penggunaan warna yang digunakan bukan warna yang menusuk mata seperti merah. Boleh saja menggunakan latar merah, namun padukan dengan warna lain seperti putih. Pastikan warna yang dipilih mewakili blog yang Anda buat. Jika desain blog yang dibuat berwarna biru, sebisa mungkin warna biru ini yang menjadi ciri khas blog (warna primer).

Selain menggunakan warna primer, sebaiknya ada warna sekunder yang biasanya digunakan untuk disandingkan dengan warna primer tadi. Misal biru yang dipasangkan dengan putih atau warna-warna lain selama warna tersebut tidak kontras dan bertolak belakang. Warna selain warna primer sebaiknya mengikuti warna agar identitas blog tidak hilang, namun tetap diberi warna yang tentu saja tidak berlebihan.

Hal terakhir adalah sebisa mungkin jangan pernah menggunakan background gelap. Jika menggunakan background yang gelap, tulisan otomatis harus disesuaikan dan harus menggunakan font atau tulisan yang berwarna terang. Biasanya, tulisan yang berwarna terang tersebut akan membuat para pembaca terganggu. Hal tersebut akan membuat pengalaman membaca yang kurang menyenangkan. Dengan menggunakan background yang terang, fontnya akan berwarna gelap. Tulisan berwarna gelap (hitam) akan membuat pembaca merasa nyaman. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari penggunaan background berwarna gelap dan gunakan background berwarna yang terang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *